loader image

Jasa Guard Indonesia

JasaGuard.com

Apakah Personal Branding Kamu Sudah Efektif? Cek Yuk!

Apa itu Personal Branding?

Menurut Susan Gunelius, personal branding adalah bagaimana kamu dapat membentuk persepsi seseorang terhadap dirimu, terutama pada keahlian kamu yang dapat kamu tawarkan secara profesional. Jadi, secara umum personal branding adalah bagaimana kamu dapat membentuk keahlian dan kepribadian dirimu untuk dapat kamu tawarkan di dunia kerja nanti sehingga dapat menjadi sebuah ciri khas.

Selain itu personal branding juga dapat dilihat dari cara kamu berkomunikasi, berpakaian dan sikap kamu. Personal branding harus kamu bangun dengan baik sehingga dapat menjadi persepsi yang positif bagi orang lain.

Apa Pentingnya Personal Branding bagi Karir?

Personal branding dapat membentuk persepsi orang lain mengenai ciri khas, kemampuan dan kepribadian diri kamu. Hal ini lah yang dapat membentuk perbedaan kamu antara kandidat lainnya sehingga para rekruter akan lebih tertarik terhadap dirimu.

Dalam dunia profesional, salah satu personal branding yang dapat kamu tunjukan yaitu melalui portofolio. Portofolio tersebut akan menunjukan apa yang menjadi keahlian kamu dan membedakan kamu dengan kandidat lainnya.

Lalu, Bagaimana Cara Membangun Personal Branding yang Efektif?

  1. Tentukan tujuan

Tentukan tujuan pekerjaan apa yang kamu inginkan. Ketika kamu sudah mengetahui tujuan karir kamu dan mempelajarinya, kamu akan mengetahui keahlian maupun karakter  apa saja yang bisa kamu kembangkan dari diri kamu untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

  1. Kenali dirimu

Setelah mengetahui tujuan karir kamu, kamu juga harus mengenali diri kamu. Identifikasi hal-hal apa saja yang menjadi minat kamu, keahlian kamu dan soft skill kamu. Dari sinilah, kamu akan mengetahui apa yang harus kamu kembangkan dan dengan mudah kamu akan membentuk personal branding.

Usahakan jangan terlalu melebih lebihkan dirimu ya! Bersikap jujur terhadap diri kamu juga penting loh!

  1. Mengembangkan diri

Setelah mengenali dan memahami diri kamu, mulailah mengembangkan hal-hal yang menjadi minat kamu. Kamu dapat melakukan hal ini dengan mengikuti berbagai kelas online, workshop atau webinar. Selain mendapatkan pengetahuan baru, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat  untuk membangun personal branding kamu loh!

  1. Manfaatkan sosial media

Sosial media bisa menjadi ranah kamu untuk bisa membangun personal branding dengan cepat loh. Melalui sosial media, kamu dapat menunjukan hasil karya maupun pencapaian-pencapaian kamu.

Kamu bisa membangun koneksi dengan para profesional sehigga dapat membuat personal branding mu menjadi lebih baik. Jadi,yuk manfaat kan sosial media kamu untuk hal-hal yang positif!

Sumber : skillacademy.com