loader image

Jasa Guard Indonesia

JasaGuard.com

Digital Skill yang Paling Kompetitif di Era Revolusi Digital 4.0

Era revolusi digital menyebabkan teknologi digital digunakan dalam berbagai bisang kehidupan manusia termasuk sektor ekonomi dan bisnis. Perusahaan harus dapat beradaptasi dengan dunia digital untuk dapat berkembang dan berkelanjutan. Hal ini menyebabkan munculnya berbagai jenis pekerjaan baru khususnya pada bidang yang memerlukan digital skill. Saat ini, berbagai digital skill sedang menjadi incaran para perusahaan. Memang apa saja sih digital skill tersebut?

  1. Social Media Specialist

Saat ini, sosial media menjadi platform yang sangat penting bagi perusahaan dalam mengimplementasikan strategi pemasaran. Sosial media memiliki peran dalam meningkatkan brand awareness maupun brand trust kepada para pelanggan. Social media specialist biasanya mengelola akun sosial media perusahaan, membuat strategi perencanaan konten, penulisan caption dan penjadwalan materi.

  1. SEO Specialist

SEO (Search Engine Optimization) Specialist biasanya melakukan analisis strategi untuk meningkatkan traffic pada website sehingga dapat menempati rank website teratas di Google SearchSEO Specialist juga harus mampu menganalisis keyword apa yang paling efektif untuk website perusahaan tersebut.

  1. Data Analyst

Data analyst memiliki tugas untuk menganalisa data dari berbagai sumber digital seperti situs webatau mobile app. Dari data tersebut, data analyst bertanggung jawab untuk menganalisa dan menerjemahkan data tersebut untuk diolah dan dijadikan laporan sehingga perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat. Data analyst berperan penting karena dapat mencari solusi dari permasalahan bisnis.

  1. Graphic Designer

Graphic Designer memiliki peran dalam pembuatan konten perusahaan dalam bentuk gambar. Seorang graphic designer harus memiliki kreativitas yang tinggi sehingga dapat menghasilkan visual yang komunikatif dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

  1. UI/UX Designer

UI (User Interface) dan UX (User Experience) designer biasanya bertugas dalam pembuatan design untuk tampilan website maupun aplikasi agar lebih mudah digunakan dan dipahami oleh penggunanya.

  1. Programming (Web/APP)

Seseorang yang memiliki skill programming atau coding seperti C==, PHP, HTML, Java, Phyton dan lainnya memiliki peluang kerja yang luas. Programming atau coding dapat membantu perusahaan membuat website maupun aplikasi. Contoh pekerjaan yang memerlukan programming adalah Database Engineer, Full Stack Developer, Web/App Developer, AI Engineer dan masih banyak lagi.

Sumber : Venuemagz.com, ngalup.co